Selasa, 03 Januari 2012

Manajemen Umum Softskill / Planing

USAHA SNACK DAN KUE




Tahap 1 : TUJUAN
Memulai usaha yang berkeinginan membantu menambah penghasilan, mengembangkan usaha dari rumah sendiri bisa jadi pilihan yang paling tepat. Di jaman krisis ekonomi alternatif membuka usaha merupakan jalan keluar yang paling pas.  Tujuan usaha sering memiliki jangka waktu panjang dan membutuhkan banyak pekerjaan, waktu dan usaha. Dengan memecah tujuan Anda menjadi tahapan aksi yang dapat dikelola, lebih mudah untuk fokus pada apa yang perlu Anda lakukan sekarang dan tidak membuat Anda kewalahan pada proses tersebut.
Cara yang baik untuk memecah tujuan tersebut adalah dengan menciptakan sebuah rencana aksi yang terdiri dari tugas individu masing-masing yang mencakup satu tindakan yang jelas. Dengan demikian mudah untuk membuat kemajuan dan prestasi kecil setiap hari.



Tahap 2 : MERUMUSKAN KEADAAN SAAT INI
Usaha rumahan merupakan usaha yang dilakukan di rumah sendiri. Skala usaha kecil atau mikro yang tentu saja biasanya dikelola perorangan atau keluarga. Usaha kecil rumah menjadi solusi tepat bagi beberapa orang. Usaha ini sangat banyak sekali macamnya. Yang paling mudah dilakukan adalah membuka usaha rumahan snack dan kue dari dapur.
Dengan modal yang sangat terjangkau usaha ini bisa dimulai. Dengan uang seratus ribu rupiah misalnya Anda bisa membuat cilot dan menjualnya di depan sekolah. Dengan modal terbatas Anda menjual burger orang lain untuk dijajakan di rumah misalnya. Begitu laku Anda membayarnya. Begitu kecil modal yang dibutuhkan. Modal kecil karena usaha dari rumah biasanya dilakukan secara bertahap dari kecil lalu bertahap ke skala besar.


Tahap 3 : KEMUDAHAN
Usaha snack dan kue sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk membuka usaha ini. Memasak sangat mudah dilakukan oleh siapapun bahkan bukan ahli masakpun usaha kue dan snack bisa dikembangkan. Jika ingin ahli, tersedia aneka buku resep dan kursus masak yang mengajarkan cara tepat membuat snack dan kue.


Tahap 4 : MENGEMBANGKAN RENCANA : MELALUI PEMASARAN

Konsep Pemasaran
Terdiri dari 3 elemen (Price+Place+Promotion). Untuk produk , anda mesti mensurvai para pesaing-pesaing anda.  Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.


Pemasaran
Pangsa pasar snack dan kue termasuk besar. Orang Indonesia memiliki kebiasaan ngemil yang dilakukan untuk disaat senggang, santai atau menunggu waktu makan. Minum teh atau pesta pasti menyuguhkan kue dan snack sebagai pengisi makanan. Kehadiran snack dan kue dalam banyak kesempatan merupakan potensi pasar yang luar biasa. Usaha snack dan kue dari rumahan tidak bisa dianggap remeh karena skala usahanya kecil. Meski demikian, keuntungan snack dan kue rumahan termasuk besar. Beberapa jenis kue khusus yang enak dan mahal bisa mendapatkan keuntungan besar 45%. Untuk kue dan snack dengan persaingan ketat keuntungan berkisar antara 20-25%. Kue dan snack semakin tinggi untungnya jika dikemas menarik dan cantik. Begitu besar pasar snack dan kue karena makanan ini banyak dikonsumsi dalam berbagai kesempatan.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar