USAHA SNACK DAN KUE
Tahap 1 : TUJUAN
Memulai
usaha yang berkeinginan membantu menambah penghasilan, mengembangkan usaha dari
rumah sendiri bisa jadi pilihan yang paling tepat. Di jaman krisis ekonomi alternatif
membuka usaha merupakan jalan keluar yang paling pas. Tujuan usaha sering memiliki jangka waktu
panjang dan membutuhkan banyak pekerjaan, waktu dan usaha. Dengan memecah
tujuan Anda menjadi tahapan aksi yang dapat dikelola, lebih mudah untuk fokus
pada apa yang perlu Anda lakukan sekarang dan tidak membuat Anda kewalahan pada
proses tersebut.
Cara yang
baik untuk memecah tujuan tersebut adalah dengan menciptakan sebuah rencana
aksi yang terdiri dari tugas individu masing-masing yang mencakup satu tindakan
yang jelas. Dengan demikian mudah untuk membuat kemajuan dan prestasi kecil
setiap hari.
Tahap 2 : MERUMUSKAN KEADAAN SAAT INI
Usaha rumahan merupakan usaha yang dilakukan di rumah sendiri.
Skala usaha kecil atau mikro yang tentu saja biasanya dikelola perorangan atau
keluarga. Usaha kecil rumah menjadi solusi tepat bagi beberapa orang. Usaha ini
sangat banyak sekali macamnya. Yang paling mudah dilakukan adalah membuka usaha
rumahan snack dan kue dari dapur.
Dengan modal yang sangat terjangkau usaha ini bisa dimulai. Dengan uang seratus ribu rupiah
misalnya Anda bisa membuat cilot dan menjualnya di depan sekolah. Dengan modal
terbatas Anda menjual burger orang lain untuk dijajakan di rumah misalnya.
Begitu laku Anda membayarnya. Begitu kecil modal yang dibutuhkan. Modal kecil
karena usaha dari rumah biasanya dilakukan secara bertahap dari kecil lalu
bertahap ke skala besar.
Tahap 3 : KEMUDAHAN
Tahap 3 : KEMUDAHAN
Usaha snack dan kue sangat mudah
dan praktis untuk dilakukan. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk
membuka usaha ini. Memasak sangat mudah dilakukan oleh siapapun bahkan bukan
ahli masakpun usaha kue dan snack bisa dikembangkan. Jika ingin ahli, tersedia
aneka buku resep dan kursus masak yang mengajarkan cara tepat membuat snack dan
kue.
Tahap 4 : MENGEMBANGKAN RENCANA : MELALUI PEMASARAN
Konsep Pemasaran
Terdiri dari
3 elemen (Price+Place+Promotion). Untuk produk , anda mesti mensurvai para
pesaing-pesaing anda. Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan
membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu
mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya
mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar
murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah. Atau Anda menggunakan kompor
yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda yang salah. Di sini Anda
perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan
bisa bersaing dengan catering murah lainnya.
Pemasaran
Pangsa pasar snack dan kue termasuk besar. Orang Indonesia
memiliki kebiasaan ngemil yang dilakukan untuk disaat senggang, santai atau
menunggu waktu makan. Minum teh atau pesta pasti menyuguhkan kue dan snack
sebagai pengisi makanan. Kehadiran snack dan kue dalam banyak kesempatan merupakan
potensi pasar yang luar biasa. Usaha snack dan kue dari rumahan tidak bisa
dianggap remeh karena skala usahanya kecil. Meski demikian, keuntungan snack
dan kue rumahan termasuk besar. Beberapa jenis kue khusus yang enak dan mahal
bisa mendapatkan keuntungan besar 45%. Untuk kue dan snack dengan persaingan
ketat keuntungan berkisar antara 20-25%. Kue dan snack semakin tinggi untungnya
jika dikemas menarik dan cantik. Begitu besar pasar snack dan kue karena
makanan ini banyak dikonsumsi dalam berbagai kesempatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar