Sabtu, 13 Oktober 2012

Ringkasan Buku Sistem Informasi Manajemen Jilid 1 Macleod (BAB5)


BAB 5 Implikasi Etis Dari Teknologi Informasi

PENDAHULUAN
Sekarang terdapat perhatian yg lebih besar pada etika dalam penggunaan computer daripada sebelumnya. Dalam dunia bisnis salah satu alas an utama terhadap perhatian tersebut adalah pembajakan perangkat lunak yg menggerogoti pendapatan penjual perangkat lunak hingga miliaran dolar setahun.
Pada bab ini akan dipelajari dampak social dari computer dalam teks etika yaitu bagaimana seharusnya computer digunakan untuk kebaikan masyarakat. Kita akan mendefinisikan apa yg dimaksud dengan perilaku moral, etika dan hukum serta menjelaskan mengapa etika sangat penting dalam bisnis.
Etika mempengaruhi bagaimana para spesialis informasi melaksanakan tugas mereka. Tanggung jawab CIO untuk mencapai etika pada system yg dibuat dan pada orang-orang yg membuatnya.

MORAL, ETIKA, DAN HUKUM
Sebagai warga masyarakat yg berkesadaran social, kita ingin melakukan apa yg benar secara moral, etika, dan menurut hokum

Apakah yg Dimaksud Dengan Moral ?
Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku yg benar dan salah. Moral adalah institusi social dengan suatu sejarah dan daftar peraturan. “Melakukan apa yg benar secara moral” merupakan landasan perilaku social kita.

Apakh yg Dimaksud Dengan Etika ?
Kata etika berakar dari bahasa Yunani ethos, yg berarti karakter. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yg mengisi satu individu kelompok atau masyarakat. Tidak seperti moral, etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

Apakah yg Dimaksud Dengan Hukum ?
Hukum adalah peraturan perilaku formal yg dipaksa oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah,kepada rakyat atau warga negaranya. Hingga kini sangat sedikit hokum yg mengatur penggunaan computer.
Penraturan computer AS dimulai dengan Freedom of information Act of 1966. Pada tahun 1970-an terdapat penambahan UU, dalam bentuk fair credit reporting Act of 1970, dan Night to Federal Privacy Act of 1978
Tahun 1948 , kongres AS memberikan gigi tambahan bagi peraturan computer dengan menyetujui UU federal yg khusus diterapkan untu kejahatan kmputer
-          The Small Business Computer Security and Education Act menetapkan The Small Business Computer Security and Education Advisor.
Dengan cara demikian,  pemerintah federal AS berangsur-angsur menetapkan suatu kerangka kerja hokum bagi pengguna computer.

Menempatkan Moral, Etika, dan Hukum Dalam Prespektif
Kita dapat melihat bahwa penggunaan computer dalam bisnis diarahkan oleh nilai-nilai moral dan etika dari para manager, spesialis informasi dan pemakai, dan juga hokum yg berlaku

PERLUNYA BUDAYA ETIKA
Pendapat luas yg terdapat dalam bisnis adalah bahwa perusahaan mencerminkan 0kepribadian pemimpinnya. Hubungan antara CEO dengan perusahaan merupakan dasar budaya etika. Management puncak pemimpin dengan member contoh. Perilaku ini adalah budaya etika.

Bagaimana Etika Diterapkan
Penerapan ini melalui metode tiga lapis,yaitu dalam bentuk corporate credo, program-program etika dan kode etik perusahaan.

Corporate Credo
Corporate credo adalah pernyataan ringkas melalui nilai-nilai yg digunakan perusahaan. Tuuan credo ini adalah menginformasikan orang-orang dan mengorganisasi-organisasi baik didalam maupun diluar perusahaan mengenai nilai-nilai etis perusahaan.

Program Etika
Program etika adalah suatu system yg terdiri dari berbagai aktifitas yg dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan corporate credo. Aaktifitas yg dilakukan adalah pertemuan orientasi yg dilaksanakan bagi pegawai baru. Contoh lain dalam program etika adalah audit etika

Kode Etik Khusus Perusahaan
Banyak perusahaan telah merancang kode etik perusahaan mereka sendiri. Kadang-kadang kode inidiadaptasi dari kode etik industry tertentu

Menempatkan Credo, Program, dan Kode Etik perusahaan dalam Prespektif
Patrick Murphy yakin bahya cara yg baik untuk menempatkan contoh-contoh budaya etika dalam prespektif adalah dengan menyamakannya dengan agama Kristen. Corporate credo dapat disamakan dengan sepuluh perintah Tuhan, dan program etika dapat disamakan dengan kebaktian gereja, serta kode etik perusahaan dapat disamakan dengan alkitab.

ETIKA DAN JASA INFORMASI
Apakah Etika Komputer
James H.Moor, professor di Darmouth mendefinisikan etika computer sebagai analisis mengenai sifat dan dampak social teknologi computer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis.
Karena itu, etika computer terdiri dari dua aktivitas utama. CIO harus (1) Waspada dan sadar bagaimana computer mempengaruhi masyarakat, dan (2) Karena itu harus berbuat sesuatu dengan memformulasikan kebijakan-kebijakan yg memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan  secara tepat. Namun satu hal yg sangat penting : Bukan hanya CIO sendiri yg bertanggung jawab atas etika computer.

Alasan Pentingnya Etika Komputer
James Moor menyatakan ada tiga alas an utama. Ia menyebut alas an-alasan tersebut : Kelenturan logis (logical malleabilitiy), Faktor transformasi, dan Factor tak kasat mata (invisibility factor)

Kelenturan Logis
Yg dimaksud kelenturan logis oleh Moor adalah kemampuan pemrogaman computer untuk melakukan apapun yg kita inginkan

Faktor Transformasi
Alasan kepedulian pada etika computer ini didasarkan pada fakta bahwa computer dapat mengubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu.

Faktor Tak Kasat Mata
Alasan ketiga minat masyarakan pada etika computer adalah karena computer dipandang sebagai suatu kotak hitam.
-          Nilai-nilai yg tidak terlihat
-          Perhitungan rumit yg tidak terlihat
-          Penyalahgunaan yg tidak terlihat

HAK SOSIAL KOMPUTER
Masyarakat memiliki hak-hak tertentu berkaitan dengan penggunaan computer. Hak ini dapat dipandang dalam segi computer atau segi informasi yg dihasilkan computer.

Hak Atas Komputer
Deborah Johnson, professor pada Renssealer Polytechnic Institute, yakin bahwa masyarakat memiliki hak atas akses computer, keahlian computer, spesialis computer, dan pengambilan keputusan computer.

Hak Atas Informasi
PAPA untuk menggambarkan empat hak asasi masyarakat dalam hal informasi. PAPA merupakan singkatan dari Privacy (privasi), Accuracy (akurasi), Property (kepemilikan), Accessibility (aksesibility)

Kontrak Sosial Jasa Informasi
Mason yakin bahwa untuk memecahkan permasalahan etika computer, jasa informasi harus masuk ke dalam suatu kontrak social. Kontrak tersebut menyatakan bahwa :
1.      Komputer tidak akan digunakan dengan sengaja untuk mengganggu privasi seseorang
2.      Setiap ukuran akan dibuat unuk memastikan akurasi pemrosesan computer
Singkatnya, masyarakat jasa informasi harus bertanggung jawab atas kontrak social yg timbul dari system yg dirancang dan diterapkannya.

Kode Perilaku Profesional ACM
ACM dibentuk tahun 1947 dan sekarang merupakan perkumpulan professional computer AS tertua. Kode perilaku profesionalnya terdiri dari :
1.      Seorang anggota ACM selalu bertindak dengan integritas
2.      Seorang anggota ACM bertanggung jawab atas pekerjaannya

Kode Etik DPMA
Didirikan Tahun 1951 dan memiliki sekitar 35.000 anggota. Misinya adalah “menjunjung management informasi yg efektif dan bertanggung jawab untuk kebaikan para anggotanya, para pemberi kerja, dan masyarakat bisnis

Kode Etik ICCP : ICCP didirikan tahun 1973. Sertifikasi ICCP meliputi Certified Computer Programmer (CCP) dan Certified in Data Processing (CDP)

Kode Etik ITAA
ITAA didirikian tahun 1961 sebagai suatu asosiasi bagi organisasi-organisasi yg memasarkan perangkat lunak dan jasa yg berkaitan dengan computer

Menempatkan Kode Etik dalam Prespektif
Seberapa jauh etika computer tercapai dan perusahaan sangat ditentukan oleh keyakinan etis para spesialis informasi dan efektivitas program etika yg diterapkan CIO.

ETIKA DAN SPESIALIS INFORMASI
Banyak peneliti yg telah mempelajari keyakinan etis para spesialis informasi. Penelitian ini biasanya menggunakan scenario pertentangan etika

Penelitian SRI
Dua penelitian selama tahun 1970-an dan 1980-anmemberikan sebagian besar data yg mengganmbarkan keyakinan etis dari para spesialis informasi yg bekerja. Penelitian ini bias menggunakan scenario pertentangan etika.

ETIKA DAN CIO
Perilaku CIO dipengaruhi oleh sejumlah factor. Faktor-faktor tersebut ada dlm hirarki. Dibawah ini terdapat tekanan social yg dapat berasal dari orang atau kelompok di luar perusahaan.

Persepsi Etika CIO
Scott J. Vitell dan Donald L.Davis mengumpulkan data dari 61 profesional SIM.  Data penelitian ini menggambarkan bagaimana etika mempengaruhi kinerja manager, sesuai presepsi manager dan bawahannya.
1.      Memanfaatkan Kesempatan Untuk Bertindak Tidak Etis
2.      Etika Membuahkan Sukses
3.      Perusahaan dan Manager Memiliki Tanggung Jawab Sosial

Rencana Tindakan Untuk Mencapai Operasi Komputer Yg Etis
Rencana  dalam mengelompokan perilaku dan menekan standart etika dlm perusahaan :
1.      Formulasikan suatu kode perilaku
2.      Dorong partisipasi dalam perkumpulan internasional

PENGARANG : MACLEOD

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar